KLIK gambar untuk menutup Iklan

Thursday, February 25, 2016

Sistem Ekonomi

Sistem Ekonomi

Sistem ekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu Negara untuk mengalokasikan sumber daya yang di milikinya baik kepada individu maupun organisasi dinegara tersebut.
1)  Perekonomian terencana ( Centrally planned Economy).
Perekonomian terencana adalah suatu sistem dimana tanah , pabrik-pabrik dan sumber daya ekonomi di suatu negara dimiliki oleh pemerintah dari negara tersebut.
Asal Usul Perekonomian Terencana adalah perencanaan terpusat bermula dari ideology yang beranggapan bahwa kesejahteraan masyarakat itu lebih penting daripada kesejahteraan individu. Kemerosotan Perencanaan Pusat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:
1.              Kegagalan untuk menciptakan nilai ekonomi
2.              Kegagalan untuk memberikan insentif
3.              Kegagalan untuk mencapai pertumbuhan yang cepat
4.              Kegagalan untuk memenuhi kebutuhan kinsmen

2)  Perekonomian Pasar ( Market Economy )
Perekonomian Pasar ( Market Economy ) adalah perekonomian pasar  bergantung pada kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan dimana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan ( dalam batas – batas tertentu ).
Asal – Usul Perekonomian Pasar adalah perekonomian pasar berasal dari suatu keyakinan bahwa kepentingan individu harus berada di atas kepentingan suatu kelompok. Untuk berfungsi dengan lancar dan baik, ekonomi pasar membutuhkan tiga hal, yaitu:
a)   Pilihan bebas memberikan akses individu untuk opsi beli alternatif. dalam ekonomi pasar, beberapa pembatasan ditempatkan pada kemampuan konsumen untuk membuat keputusan mereka sendiri dan latihan pilihan bebas. Misalnya, konsumen berbelanja untuk sebuah mobil baru dijamin berbagai dari yang untuk memilih. konsumen dapat memilih di antara dealer, model, ukuran, gaya, warna, dan spesifikasi mekanis seperti ukuran mesin dan jenis transmisi.
b)  Perusahaan fee memberikan perusahaan kemampuan untuk memutuskan mana barang dan jasa untuk memproduksi dan pasar di mana untuk bersaing. Perusahaan bebas untuk masuk jalur baru dan berbeda dari bisnis, pilih pasar geografis dan segmen pelanggan untuk mengejar kepentingan menguntungkan bagi mereka.
c)   Fleksibilitas harga memungkinkan paling harga naik dan turun untuk mencerminkan kekuatan penawaran dan permintaan. Sebaliknya, ekonomi pasar non sering mengatur dan menjaga harga di tingkat yang ditetapkan. Campur dengan mekanisme harga melanggar prinsip dasar ekonomi pasar.
Peran Pemerintah dalam Perekonomian Pasar yaitu:
1)  Menegakkan Undang – Undang Anti Monopoli.
2)  Melestarikan Hak Milik Pribadi.
3)  Menyediakan Lingkungan Fisikal dan Moneter yang Stabil.
4)  Mengaja Stabilitas Politik
Pasar ekonomi tergantung pada pemerintahan yang stabil terhadap pelaksanaan yang lancar dan juga eksistensi di masa depan. Stabilitas politik membantu bisnis dalam segala aktivitasnya tanpa mengkhawatirkan terorisme, penculikan dan ancaman politik lainnya dalam pelaksanaannya Kebebasan  Ekonomi. Faktor pendukung laju, factor pertumbuhan setiap  negara meliputi kebijakan perdagangan , intervensi pemerintahan dalam ekonomi , hak-hak property, blackmarket , upah , dan control harga.

3)   Perekonomian Campuran ( Mixed Economy )
Dalam ekonomi  campuran , tanah , pabrik dan sumber daya ekonomi lainnya dibagi antara kepemilikan swasta dan pemerintah , dengan pemerintah cendrung mengontrol sector ekonomi penting untuk keamanan nasional dan stabilitas jangka panjang.
Asal – usul ekonomi campuran merupakan, pendukung ekonomi campuran menyatakan bahwa sistem ekonomi yang berhasil tidak hanya invofatif dan efisien tetapi juga harus melindungi masyarakat dari kelebihan dari individu yang tidak terkendali dan keserakahan organisasi.

Penurunan ekonomi campuran merupakan banyak ekonomi campuran yang memperbaharui diri untuk lebih mirip pasar bebas. ketika aset yang dimiliki oleh pemerintah, tampaknya ada sedikit insentif untuk menghilangkan limbah atau untuk berlatih inovasi.

No comments:

Post a Comment