KLIK gambar untuk menutup Iklan

Friday, April 22, 2016

Contoh Kasus Komunikasi SDM : PT Golden Castle




Contoh Kasus

PT Golden Castle , bergerak dalam bidang konveksi atau textil, mengalami konflik antara perusahaan dengan karyawan. Konflik ini terjadi yang disebabkan oleh adanya miss communication antar atasan dengan karyawan. Adanya perubahan kebijakan dalam perusahaan mengenai penghitungan gaji atau upah kerja karyawan , namun pihak perusahaan belum memberitahukan para karyawan, sehingga karyawan merasa diperlakukan semena-mena oleh pihak perusahaan. Para karyawan mengambil tindakan yaitu dengan mendemo perusahaan, Namun tindakan ini berujung pada PHKbesar-besaran yang dilakukan oleh perusahaan.
Perusahaan manapun pasti pernah mengalami konflik internal.

Mulai dari tingkat individu, kelompok, sampai unit. .Mulai dari derajat dan lingkup konflik yang kecil sampai yang besar. Yang relatif kecil seperti masalah adu mulut tentang pribadi antarkaryawan, sampai yang relatif besar seperti beda pandangan tentang strategi bisnis di kalangan manajemen. Contoh lainnya dari konflik yang relatif besar yakni antara karyawan dan manajemen. Secara kasat mata kita bisa ikuti berita sehari-hari di berbagai media. Disitu tampak konflik dalam bentuk demonstrasi dan pemogokan. Apakah hal itu karena tuntutan besarnya kompensasi, kesejahteraan, keadilan promosi karir, ataukah karena tuntutan hak asasi manusia karyawan.


Penyebab terjadinya kasus tersebut dalam perusahaan

Konflik ini terjadi yang disebabkan oleh adanya miss communication antar atasan dengan karyawan. Adanya perubahan kebijakan dalam perusahaan mengenai penghitungan gaji atau upah kerja karyawan , namun pihak perusahaan belum memberitahukan para karyawan, sehingga karyawan merasa diperlakukan semena-mena oleh pihak perusahaan.

Biasanya masalah timbul karena lingkungan yang kurang kondusif di suatu perusahaan. Misalnya, kondisi cahaya yang kurang, atau sirkulasi yang kurang baik, dan temperature ruangan yang tinggi sangat mungkin untuk meningkatkan emosi seseorang, jadi kondisi dari lingkungan juga harus di perhatikan.

Konflik dalam perusahaan juga sering terjadi antar karyawan, hal ini biasanya terjadi karena masalah diluar perusahaan, misalnya tersinggung karena ejekan, masalah ide
yang dicuri, dan senioritas. Perusahaan yang baik harus bisa menghilangkan masalahsenioritas dalam perusahaan. Hal ini dapat meminimalisir masalah yang akan timbul, kerena dengan suasanya yang harmonis dan akrab maka masalah akan sulit untuk muncul.


Siapa yang bertanggung jawab dalam atas terjadinya kasus dalam perusahaan tersebut ?

Yang bertanggung jawab sudah pasti pemilik perusahaan, staff-staff dibawah pemilik perusahaan, dan pihak perusahaan yang berkaitan dengan kasus tersebut..

Bagaimana kondisi perusahaan saat ini ?

Para karyawan mengambil tindakan yaitu dengan mendemo perusahaan, Namun tindakan ini berujung pada PHKbesar-besaran yang dilakukan oleh perusahaan.


Saran dalam penyelesaian kasus dalam perusahaan tersebut

Seharusnya atasan harus bisa membaca pikiran atau keinginan para karyawannya, atasan juga harus sering berkomunikasi langsung dengan para karyawannya sehingga tidak terjadi miss communication, dengan begitu atasan dapat mengetahui bagaimana sifat dan keinginan para karyawannya tersebut. Dalam mengubah kebijakan mengenai perhitungan gaji atau upah kerja karyawan seharusnya ikut di bicarakan dengan para karyawan, karena perubahan kebijakan dalam suatu perusahaan harus segera di beritahukan kepada pihak yang bersangkutan termasuk para karyawan juga, apalagi mengenai gaji.

6 comments:

  1. Menurut teori karakteristik status,kasus diatas statusnya bersumber dari kekuasaan seseorg yg dimiliki atas org lain krn perusahaan cenderung mengendalikan bawahannya. Karena status tsb,maka interaksi antara atasan dan bawahan menjadi tdk efektif karena banyak memerintah dan mengendalikan bawahan seenaknya.
    Selanjutnya dlm arah komunikasi, komunikasi yg digunakan adalah scr vertikal dimana karyawan melakukan demo trhdp perusahaan dan juga melakukan komunikasi scr lateral dmn karyawan bergabung dlm satu tim untuk melakukan demo trhp perubahan kebijakan tnp adamya pemberitahuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


      Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

      MH. .

      Delete
  2. Menurut teori karakteristik status,kasus diatas statusnya bersumber dari kekuasaan seseorg yg dimiliki atas org lain krn perusahaan cenderung mengendalikan bawahannya. Karena status tsb,maka interaksi antara atasan dan bawahan menjadi tdk efektif karena banyak memerintah dan mengendalikan bawahan seenaknya.
    Selanjutnya dlm arah komunikasi, komunikasi yg digunakan adalah scr vertikal dimana karyawan melakukan demo trhdp perusahaan dan juga melakukan komunikasi scr lateral dmn karyawan bergabung dlm satu tim untuk melakukan demo trhp perubahan kebijakan tnp adamya pemberitahuan.

    ReplyDelete
  3. Kepada Yth,
    Bpk/Ibu Pimpinan Bag Import
    Div : Import-Export & Purchasing

    Dengan Hormat,

    Perkenalkan kami dari PT.JTRANS PERSADA, International Freight Forwarders, Customs Clearance, Customs Consultant And Land Transportation Service. Dengan kopetensi tinggi dalam semua aspek jasa pengangkutan, di dukung oleh jaringan yang luas, pelayaran dan Customs,
    PT.JTRANS PERSADA , memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menanggani setiap aspek kebutuhan pengiriman barang Import anda.

    New Service PT.JTRANS PERSADA sbb :
    Jasa Customs Clearance Import Via Udara ( Soekarno-hatta dan Halim Perdana Kusuma )
    Jasa Customs Clearance Import Via Laut ( LCL / FCL 20feet / 40feet dll )
    Jasa Undername Export-Import
    Jasa Import Door To Door Service Dari Seluru Negara Ke Indonesia
    Undername / perizinan import ( Perusahaan / Sewa )
    Bea Import Borongan ( ALL-IN ) Via Laut dan Udara
    Domestik Via Laut, Darat dan Udara ke Seluruh Indonesia
    Cara konsultasi gratis untuk mengimport
    Agensi : Asia, Eropa, Amerika, Afrika dan Australia

    Izin yang kami miliki antara lain :
    API dengan XX bagian HS
    Kuota ( PI Produk Kehutanan )
    Kuota ( PI Besi Atau baja, Baja Panduan, Dan produk Turuannya )
    LS ( Laporan Surveyor )
    LS Alas kaki
    LS Electronic
    LS Mainan
    LS Pakaian jadi
    LS Garment

    Demikian penawaran dari kami, Atas pertimbangan dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.
    --
    Thanks & Best Regards,
    ( Adi Mr )
    Import Dept
    Wa : 085297678786

    PT.JTRANS PERSADA
    Cibubur Times Square, Ruko Medison
    Jl. Raya Transyogi Km.3 B3 Jati Karya, Jati Sempurna Kota Bekasi, Jawa Barat
    Telp : 021-28674430
    Fax : 021-28674430
    Mobile : +6285297678786
    Email : musliadi.jingga@gmail.com,.musliadi.stmi@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


    Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

    Mf...

    ReplyDelete