PENGEMBANGAN
SISTEM
PENDEKATAN SISTEM
Mengidentifasikan
3 rangkaian pertimbangan yang terlibat dalam pemecahan sebuah masalah secara
memadai :
·
Mengenah kontroversi
·
Mempertimbangkan klain-klaim
alternative
·
Membentuk satu pertimbanmgan.
Urut-urutan langkah
·
Upaya persiapan
1.
Perusahaan sebagai suatu system
2.
Mengenal system lingkungan
3.
Mengidentifikasikan subsistem
perusahaan.
4.
Melanjutkan dari tingkat system ke
tingkat subsistem
5.
Menganalisis bagian-bagian system
dalam urut-urutan tertentu
1.mengevaluasi standar
2.membandingkan output system dengan
standar
3.mengavaluasi manajemen
4.mengevaluasi prosesor informasi
5mengevaluasi input dan sumber daya
input
6.mengevaluasi proses tranformasi
7.mengevaluasi sumber daya output
6.mengidentifikasi solusi-solusi alternative
7.mengevaluasi solusi-solusi alternative
8.memilih
solusi terbaik
1.analisis
2.pertimbangan
3.tawar-menawar
9.mengimpletasikan solusi
10.menindaklanjuti untuk memastikan keefektifkan
solusi
SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SISTEM
Metodologi
adalah cara yang merekomendasikan dalam melakukan sesuatu.SDLC adalah aplikasi
dari pendekatan system bagi pengembangan suatu system informasi.
SDLC TRADISIONAL
- ·
Perencanaan
- ·
Analisis
- ·
Desain
- ·
Implementasi
- ·
Penggunaan
PROTOTYPING
Adalah satu fersi dari sebuah system
potensial yang memberikan ide bagi para pengembang dan calon pengguna,bagaimana
system potensial yang telah selesai.
Jenis-jenis
prototipe
·
Prototype
evolusioner
Ada 4 langkah pembuatannya :
1.
Mengidetifikasi kebutuhan pengguna
2.
Membuta prototype
3.
Menentukan apakah prototype dapat
diterima
4.
Menggunakan prototipe
Pengembangan prototype persyaratan :
- 1.
Membuat kode sitim baru
- 2.
Menguji sitem baru
- 3.
Menentukan apkah sitem yang
baru dapat di terima
- 4.
Membuat system baru menjadi
system produksi
DAYA TARIK PROTOTYPING
Penggunaan maupun pengembangan
menyukai prototyping karena alasan-alasan di bawah ini :
·
Membaiknya komunikasi antara
pengembang dan pengguna
·
Pengembang dapat melakukan pekerjaan
yang lebih baik dalam menentukan kebutuhan pengguna user
·
Pengguna memainkan peranan yang
lebih aktif dalam pengembangan system
·
Pengembang dan pengguna menghabiskan
waktu dan usaha yang lebih sedikit dalam mengembangkan system
·
Implementasi menjadi jauh lebih
mudah karena pengguna tahu apa yang di harapkannya.
POTENSI KESULITAN DARI PROTOTYPING
Prototyping bukannya tidak memiliki
potensi kesulitan. Kesulitan-kesulitan tersebut antara lain:
·
Terburu-buru dalam menyerahkan
prototype dapat menyebabkan di ambilnya jalan pintas.
·
Pengguna dapat terlalu gembira
dengan prototype yang di berikan.
·
Prototype evolusioner bias jadi
tidak terlalu efesien.
·
Antar muka computer manusia yang di
berikan oleh beberapa alat prototyping tertentu kemungkinan tidak mencerminkan
teknik-teknik desain yang baik. Ad conglimboo
PENGEMBANGAN APLIKASI CEPAT
Pengembanga
aplikasi cepat di perkenalkan oleh konsultan computer dan penulis James Martin
yang di maksudkan untuk pengembangan siklus hidup dengan cepat tanpa
mengorbankan mutunya.
Unsur-unsur terpenting
RAD
RAD membutuhkan unsur penting :
menejemen orang metodologi dan alat.
PENGEMBANGAN BERFASE
Tahap-tahap pengembangan berfase.
Enam tahap pengembangan berfase
antara lain:
·
Infestasi awal
·
Analisis
·
Desain
·
Kontruksi awal
·
Kontruksi akhir
FASE-FASE MODUL
Sistem dibagi menjadi tiga modul
utama : pembuatan laporan, basis data dan antar muka web. Jumlah modul akan
berfariasi untuk masing-masing system mulai dari satu hingga sekitar selusin.
REKAYASA TERBALIK
Rekayasa
terbalik berasal dari intelejen bisnis. Perusahaan sejak dulu selalu mengikuti
produk-produk para pesaingnya dengan cara membeli sapel dan membongkarnya untuk
melihat bagaimana produk tersebut bekerja. Spesifikasi desain produk pesaing
diturunkan dari produk-produk itu sendiri,sehingga membalik pola normal di mana
desainnya yang dibuat terlebih dahulu.
MENEMPATKAN SDLC TRADISIONAL,
PROTOTYPING, RAD, PENGEMBANGAN BERFASE, DAN BPR DALAM PERSPEKIF
SDLC
tradisional, prototyping, RAD, dan BPR semuanya adalah metodologi. Semuanya
adalah cara-cara yang rekomendasikan dalam mengembangkan sitem informasi. SDLC
tradisional adalah suatu penerapan pendekatan system terhadap masalah
pengembangan system dan memilikiunsur-unsur pendekatan system dasar, diawali
dari identifikasi masalah dan akhiri dengan penggunaan system. Prototyping
merupakan system yang berfokus pada defenisi dan pemenuhan kebutuhan penggunga.
RAD merupakan suatu pendekatan alternative terhadap fase-fse desain dan
implementasi SDLC.
ALAT-ALAT PENGEMBANGAN SISTEM
Pendekatan
system di beberapa siklus hidup pengembangan system metodologi cara-cara yang
direkomendasikan dalam memecahkan masalah-masalah system. Metodologi sama
seperti cetak biru yang di gambar oleh arsitek untuk memandu para kontraktor .
PEMODELAN PROSES
Organisasi
for standardization (ISO) menciptakan standar untuk bentuk-bentuk symbol dan
memastikan penggunanya di seluruh dunia. Akan tetapi popularitasnya berusia
pendek seiring dengan diciptakannya alat-alat pemodelan.
KASUS PENGGUNA
Kasus
pengguna adalah suatu uraian naratif dalam bentuk kerangka dari dialog yang
terjadi antara system primer dengan system skunder. Penddekatan system dari tiga
fase upaya: persiapan, definisi, dan solusi. Upaya persiap termasuk melihat
perusahaan sebagai suatu system, mengenal system lingkungan, dan
mengidentifikasi subsistem-subsistem perusahaan. Upaya definisi terdiri atas
dua langkah:
·
Melanjutkan dari system ke tingkat
subsistem
·
Menganalisis bagian-bagian system
secara berurutan
No comments:
Post a Comment