KLIK gambar untuk menutup Iklan

Monday, May 25, 2015

MANKEU - MANAJEMEN PIUTANG



MANAJEMEN PIUTANG
Piutang adalah tagihan kepada pihak lain dimasa yang akan datang karena terjadinya transaksi dimasa lalu. Walaupun pada dasarnya semua perusahaan dagang/industri menginginkan penjualan cash, tetapi karena adanya keterbatasan daya beli masyarakat, atau alasan lainnya dilakukan penjualan secara kredit. Penjualan secara kredit akan dapat meningkatkan omset penjualan, akan tetapi memiliki resiko tertundanya penerimaan kas, sehingga membutuhkan investasi yang lebih besar. Selain itu dapat juga mengakibatkan kerugian karena menunggak atau bahkan tidak tertagih. Semakin lama piutang tertunggak akan semakin besar investasi yang dibutuhkan.
Manajemen piutang adalah sebuah proses yang mendata, mengumpulkan, dan menagih piutang perusahaan dari tangan konsumen. Sistem manajemen piutang yang baik akan menghindarkan Anda dari kekurangan dana akibat dana yang macet di tangan konsumen.

Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya investasi dalam piutang dagang
Volume penjualan kredit :
semakin besar volume penjualan kredit, makin besar investasi yang tertanam dalam Piutang
Syarat pembayaran penjualan kredit :
 semakin lama jangka waktu pelunasan maka semakin besar invesatasinya pada piutang
Ketentuan tentang pembatasan kredit
batasan kredit dapat berupa kuantitatif (plafon kredit, semakin besar plafon kredit perpelanggan makin besar investasi yang diperlukan) dan kualitatif (selektif terhadap pelanggan kredit, makin ketat seleksi akan semakin memperkecil investasi dalam piutang).
Kebijakan pengumpulan piutang :
pengumpulan piutang dapat bersifat aktif (menggunakan debt collector) pengumpulan piutang lebih tepat waktu tetapi perlu tambahan biaya pengumpulan piutang, atau pasif yaitu keyakinan bahwa debitur menepati janji, maka resiko tertunggaknya piutang lebih besar.
Kebiasaan membayar dari para langganan :
apabila sebagian besar pelanggan membayar pada masa diskon (termin 2/10;n/30), maka membutuhkan investasi lebih kecil, tetapi jika pelanggan membayar pada hari ke 30 atau bahkan menunggak, perlu investasi yang besar

standar kredit
            standar kredit adalah suatu criteria yang dipakai perusahaan untuk menyeleksi para langganan yang akan diberikan kredit dan berapa jumlah yang harus diberikan, hal ini menyangkut kebiasaan para pelanggan dalam membayar kembali yang berkemungkinan pelanggan tidak membayar kredit yang diberikan dan jangka waktu pembayaran para pelanggannya , disamping itu perusahaan dapat memberikan deb-debt karna piutang tak tertagih dengan memperhatikan kebiasaan pada masa lampau . dalam melakukan perubahan penjualan dari tunai menjadi kredit diharapkan dapat meningkatkan penjualan dengan asumsi :
1.      Masih mempunyai kapasitas produksi yang cukup sehingga dapat memproduksi tambahan output
2.      Tidak ada perubahan dalam investasi persediaan sebagai akibat perubahan kebijakan kredit

Contoh
PT.TRI WISTA suatu perusahaan dagang selama ini menjual tunai dengan penjualan yang dicapai Rp.800 juta . untuk meningkatkan penjualan , perusahaan mempertimbangkan penjualan kredit dengan syarat n/60. Penjualan diperkirakan mencapai Rp.1050 juta . profit margin yang diperoleh 15% . kemungkinan piutang tak tertagih 1%. Kalau biaya modal 16% , apakah perusahaan perlu berlih ke penjualan kredit ?

Jawab
keterangan
Tunai (juta rupiah)
n/60 (juta rupiah
Penjualan
800
1050
Keuntungan 15%
120
157,5
Rata rata hari pengumpulan piutang
0
60 hari
Peraturan piutang
0
360 : 60 = 6x
Rata rata piutang
0
1050 : 6 = 175
Investasi pada piutang
0
85% x 175 = 148,75
Biaya modal 16%
0
16% x 148,75 = 23,80
Piutang tak tertagih 1%
0
1% x 1050 = 10,5

Manfaat :
            Tambahan keuntungan
            (Rp 157,5 juta – 120 juta                                  Rp.37,5 juta
Pengorbanan
            Biaya modal                                                    Rp.23, 8 juta
            Piutang tak tertagih                                          Rp.10,5 juta
            Jumlah                                                             Rp.34,3 juta
Manfaat bersih                                                             Rp.3,2 juta

Persyaratan kredit
            Persyaratan kredit (credit term) adalah merupakan kondisi yang disyaratkan untuk pembayaran kembali piutang dari para pelanggan , contoh : persyaratan kredit net30 artinya langganan mempunyai tenggang waktu 30 hari untuk membayarkan utangnya kepada perusahaan tanpa diskon namun apabila persyaratan kredit 10/30 pelanggan mampu melunasi hutangnya tanggal 9 maka perusahaan memberikan diskon sesuai ketentuan kesepakatan.
            Dalam menentukan besarnya investasi piutang perlu diketahui :
1.      Rata rata pengumpulan piutang misalkan 60 hari hal ini sama dengan jangka waktu kredit
2.      Tingkat perputaran piutang yaitu jumlah hari dalam satu tahun dibagi dengan jangka waktu kredit
3.      Jumlah investasi pada piutang yaitu penjualan kredit dibagi dengan tingkat perputaran piutang

Memperkecil resiko piutang
            Kegagalan atau keberhasilan perusahaan tergantung pada permintaan atas produknya , makin tinggi penjualannya makin sehat perusahaan tersebut makin besar keuntungannya begitu juga sebaliknya , namun penjualan dipengaruhi oleh factor ekstren dan internal . factor ektsternal tersebut adalah
1.      Pelafon didapat dari kredit , artinya makin kecil perusahaan menyediakan dana untuk mendukung kebijakan kredit maka akan kecil resiko yang dihadapi perusahaan untuk penjualan kredit
2.      Periode kredit , artinya makin pendek jangka waktu kredit maka akan makin cepat dana yang tertanam pada piutang menjadi kas sehingga makin kecil resiko dihadapi dalam piutang
3.      Pemberian diskon , artinya dengan adanya diskon membuat pembeli untuk segera melunasi pembayaran sehingga memperkecil piutang
4.      Kebijakan mengenai penagihan  ,artinya kebijakan yang dibuat perusahaan untuk mengupulkan piutang secra intensif sehingga memperkecil resiko piutang yang dihadapi perusahaan
5.      Melakukan seleksi terhadap pelanggan yang akan diberikan kredit yang menggunakan 5K yaitu :
a.       Karakter (mengetahui karakter pelanggan)
b.      Kapasitas (kemampuan pelanggan untuk membayar)
c.       Capital ( kemampuan untuk membayar bunga)
d.      Kolerateral ( jaminan )
e.       keadaan  (perekonomian pelanggan)

1 comment: