KEWIRAUSAHAAN
The
Bussines Plan Model Canvas
Quick
and Detail Car Wash
Bisnis
model canvas yang saya buat ini yaitu usaha yang bergerak di bidang jasa
pencucian mobil yang saya berinama “Key Dash Car Wash”, yang dimana
usaha ini gabungan dari 2 konsep yaitu Quick Clean Car Wash dan Detailing Car
Wash. Alasan saya membuat usaha ini adalah apabila ada customer yang ingin
mencuci mobilnya dengan bersih tetapi tidak ingin ingin menunggu lama atau
customer tersebut mempunyai sedikit waktu, customer tersebut dapat mencuci
kendaraannya di Quick Clean Car Wash, yang mana pada saat pencucian tersebut
menggunakan mesin otomatis yang hanya menghabiskan waktu kurang dari 30 menit
dan pasti bersih dari segala segi kondisi mobil, dan customer pun tidak perlu
turun dari mobilnya. Tapi di Quick Clean Car Wash ini ada kekurangannya yaitu
di bagian dalam mobil yang tidak dapat dibersihkan dan bagian mesin mobil,
contohnya itu debu – debu atau kotoran yang ada di karpet dan di jok pengendara
atau penumpang yang tidak dapat di Vacum.
Serta apabila ada customer yang
datang dan customer itu ingin mobilnya dicuci secara detailing atau mencuci
secara keseluruhan, customer tersebut dapat mencucinya di bagian Detailing Car
Wash. Yang mana pencucian ini menjamin kendaraan customer akan bersih total
termasuk bagian dalam mobil yaitu jok dan karpet serta bagian bawah mobil dan
bagian mesin mobil. Akan tetapi di Detailing Car Wash ini ada kekurangannya
yaitu dari segi waktu, yang mana mencuci dibutuhkan waktu 60 menit.
Jadi apabila ada customer yang lebih
mementingkan waktu tapi ingin mobilnya bersih, customer tersebut dapat mencuci
mobilnya di bagian Quick Clean Car Wash yang hanya membutuhkan waktu kurang
dari 30 menit. Dan apabila customer ingin mencuci mobilnya secara detail atau
keseluruhan, customer tersebut dapat mencuci mobilnya di bagian Detailing Car
Wash, tetapi membutuhkan waktu 60 menit.
The
Bussines Plan Model Canvas
Car
Wash
8.Key Partners
-Mekanik perawatan mesin.
-Supplier shampoo mobil dan
silicon.
|
7.Key Activities
- Marketing : Mempromosikan car
wash kepada setiap customer.
- Supervisor: mengawasi dan
membantu buruh cuci.
-Buruh cuci: mencuci mobil
|
2.Value Proposition
- Quick car wash: menjamin
pencucan kurang dari 30 menit. Dan memberikan garansi sebesar 50% dari harga
pencucian apabila lebih dari 30 menit.
- Detail car wash: memberikan
kebersihan yang sangat menditail kepada semua mobil cutomer.
- Mnenyediakan ruang tunggu.
- Memberikan compliment berupa
teh atau kopi.
|
4.customer relation ship
- Quick car wash: membuatkan
member card dengan keuntungan diskon 10%.
- Detail car wash: memberikan
gratis sekali cuci setiap 10x pencucian.
|
1.Customer Segments
-Quick car wash : Para kalangan
eksekutif yang sangat lebih
mementingkan waktu.
- Detail car wash: para
kalangan menengah sampai menengah atas.
|
|
6.Key Recources
- Buruh cuci
- Kasir
- Accounting
- Marketing
- Supervisor
-Automatic Machine car wash
-Hydrolic car wash
- Vacum
- Shampoo mobil
- Lap
- Pompa air
- Kompresor
|
3.chanels
- Mempromosikan ke majalah
otomotif di daerah Bali.
- Membuat papan nama yang besar
agar mudah dilihat oleh customer.
|
||||
9.Cost Structure
- Biaya pembelian shampoo dan
kit atau silicon.
- Biaya gaji buruh atau tenaga
kerja.
- pajak.
- Biaya listrik dan air.
- Biaya perawatan mesin.
|
5.Revenue Stream
- Pencucian mobil
- Penjualan shampoo mobil
|
No comments:
Post a Comment