KLIK gambar untuk menutup Iklan

Monday, March 28, 2016

Manajemen Bisnis : beachwalk Mall Bali

Bali tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya saja, akan tetapi Bali juga terkenal sebagai tempat wisata yang menyediakan banyak tempat shopping bagi para wisatawan. Salah satunya adalah Beachwalk Bali Mall.

Destinasi pariwisata Beachwalk Bali Mall adalah shopping center terbesar di Pulau Bali dan merupakan shopping center yang berstandard internasional baik dari segi desain bangunannya maupun desain interiornya. Shopping center ini menjadi lokasi yang sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan domestik dan mancanegara. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Beachwalk Bali Mall untuk belanja ataupun hanya sekedar ‘window shopping’ saja. Berbeda dengan shopping center pada umumnya di Bali, shopping center ini berupa bangunan mall yang di desain dengan memadukan unsur desain modern, traditional, dan unsur alami yang terlihat jelas dari ruang khusus berupa taman hijau. Para pengunjung pastinya akan sangat nyaman berada disini karena mall ini benar − benar mengedepankan kenyamanan dan keindahan.

1.     Manajemen Pengelola
        Industri pariwisata dari segi penawaran (supply side), pariwisata adalah industri yang terdiri dari 3 A’s, yaitu Accomodation’s, Access/Transportation’s, dan Attraction’s. 3 A’s yang dimiliki Beachwalk Bali Mall diantaranya sebagai berikut :
1)  Accomodation’s
Beachwalk Bali Mall menawarkan banyak pilihan akomodasi, baik itu restoran, kafe, kafe makanan cepat saji dan toko − toko es krim. Para wisatawan dapat merasakan pengalaman makan malam ala amerika di Fish & Co yang menyajikan seafood yang lezat atau Sushi Tei, yaitu restoran masakan jepang untuk sushi lezat yang segar. Para wisatawan juga bisa mengunjungi beberapa kafe-kafe yang menyuguhkan makanan kecil dan kopi, seperti Starbucks Coffee dan Dessert Factory. Jika para wisatawan ingin merasakan makanan yang bersifat lebih beragam, para wisatawan dapat menuju ke Eat & Eat pada lantai tiga Beachwalk Bali Mall. Eat & Eat pada dasarnya merupakan food court, dimana para wisatawan dapat mencicipi berbagai masakan Asia popular dari Vietnam, India, Indonesia dan banyak lagi. Food court beroperasi pada sistem cashless, para wisatawan menggunakan uang dalam bentuk kartu prabayar dan kemudian menggunakannya untuk membayar makanan dan minuman.
Selain itu, berbagai pilihan akomodasi yang tersedia di sepanjang jalan, yaitu Jalan Pantai Kuta. Termasuk Hard Rock Hotel, The Stones dan Hotel Pullman. Dekat dengan Beachwalk terdapat hotel bintang 4, yaitu Harris Resort Kuta Beach yang berada di sebelah kanan pintu masuk, dan hotel bintang 5, yaitu Sheraton Bali Kuta Resort dimana para wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari terbenam dari kolam renang atas.
2)  Access/Transportation’s
Beachwalk berlokasi sangat strategis di tengah jantung Kuta Bali. Akses langsung melalui Jalan Pantai Kuta, jalan yang menghubungkan Pantai Kuta, atau melalui Poppies 2.
Poppies 2 merupakan salah satu jalur ramai yang berjalan membentang dari Jalan Pantai Kuta, jauh dari Pantai Kuta. Wilayah ini sangat terkenal oleh para wisatawan dengan anggaran terbatas dan para backpacker yang datang untuk tinggal di homestay dan losmen, dan juga cukup dekat dari kehidupan malam di Jalan Legian.
Para wisatawan juga bisa ke Beachwalk dengan Kura − Kura Bus. Layanan bus umum yang memiliki halte bus yang terletak di mal itu sendiri, di depan pintu gerbang utama, dan bus di kedua Kuta Line (dari daerah Tuban) dan Seminyak Line berhenti di Beachwalk Bali Mall. Tarif sebesar Rp. 20.000 per orang dan semua bus dilengkapi dengan ac, WiFi gratis dan bahkan poin listrik untuk mengisi perangkat para wisatawan saat bepergian.
3)  Attraction’s
Beachwalk Bali Mall juga menyedikan atraksi wisata alam dan atraksi wisata buatan untuk lebih menarik para wisatawan. Para wisatawan yang berkunjung ke restoran Beachwalk Bali Mall, dapat menikmati hidangan yang dipesan sembari memandangi indahnya pemandangan Pantai Kuta. Selain itu, Beachwalk Bali Mall juga banyak menyediakan fasilitas hiburan.
Beachwalk Bali Mall pada saat − saat tertentu juga mengadakan atraksi buatan tentang budaya Bali, biasanya diadakan saat musim − musim liburan dan juga perayaan hari-hari besar yang mendatangkan banyak wisatawan. Biasanya atraksi buatan yang disuguhkan kepada para wisatawan adalah pementasan tari − tari Bali seperti tari Legong, tari Joged dan tari Kecak. Atraksi ini bertempat ditengah − tengah atau di pusat mall sehingga seluruh para wisatawan tertarik melihat atraksi − atraksi ini.
Beachwalk Bali Mall juga menawarkan cinema atau bioskop yang diberi nama Beachwalk XXI. Menonton di Premium Lounge dikenakan biaya yang cukup tinggi, yaitu Rp. 100.000 per tiket, namun Premium Lounge menawarkan fasilitas mewah, seperti menggunakan kursi menonton yang sangat nyaman dan dapat dilipat keposisi tempat tidur datar dan dilengkapi selimut serta makanan ringan yang disajikan ketempat duduk sehingga penonton merasa nyaman. Sedangkan untuk Tiket Reguler sebesar Rp. 50.000 pada hari Senin hingga hari Kamis, Rp.60.000 pada hari Jumat, dan Rp. 75.000 pada hari Sabtu, hari Minggu dan hari libur.
Beachwalk Bali Mall juga menyediakan fasilitas seperti tempat bermain anak, jadi untuk para wisatawan yang masih berusia anak − anak akan menemukan banyak hal untuk dilihat dan dilakukan. Miniapolis Bali adalah zona anak khusus yang terletak di lantai tiga yang meliputi fasilitas penitipan (Cheeky Monkey), Play Zonedan Amazing Walk. Serta Toko Lego baru dibuka di lantai dua yang disediakan khusus untuk hiburan anak-anak.
Selain itu Beachwalk Bali Mall juga memiliki keunggulan dan keunikan serta kelemahan sebagai industri pariwisata, yaitu sebagai berikut :
1)  Keunggulan dan keunikan
     Keunggulan dan keunikan yang dimiliki Beachwalk Bali Mall, yaitu :
a.     Shopping center terbesar di Pulau Bali.
b.     Shopping center yang berstandard internasional baik dari segi desain bangunannya maupun desain interiornya.
c.     Letaknya dekat dengan hotel berbintang dan Pantai Kuta yang memiliki pemandangan yang indah.
d.     Tersedianya produk-produk bermerek terkenal yang diperjual − belikan.
e.     Tersedianya zona untuk anak-anak dan tempat hiburan untuk remaja serta dewasa.
2)  Kelemahan
Kelemahan yang dimiliki Beachwalk Bali Mall, yaitu :
a.     Akses jalan menuju ke Beachwalk Bali Mall hanya ada satu jalan, sehingga sering terjadi kemacetan.
b.     Kurang ketatnya pengawasan untuk menjaga keamanan dan ketertiban khususnya di dalam Beachwalk Bali Mall.
c.     Kurang lengkapnya produk − produk bermerek terkenal yang diperjual − belikan.
d.     Kurang adanya produk – produk tentang budaya Bali, seperti lukisan dan ukiran Bali
e.     Kurang sering adanya atraksi wisata buatan tentang budaya Bali, seperti kesenian Bali.



2.     Kritik dan Saran
1)       Terkadang saat berada di dalam Beachwalk Bali Mall terasa panas sehingga  saran untuk Beachwalk Bali Mall sebaiknya ditempatkan waterfan di beberapa titik tertentu agar terasa lebih sejuk.
2)       Kurangnya satpam yang bersiaga di area − area tertentu yang rawan akan aksi kriminal sehingga sebaiknya perlu disiagakan di beberapa titik keamanan untuk membantu para wisatawan jika terjadinya tindakan kriminal karena Beachwalk sendiri merupakan mall yang memiliki akses masuk yang cukup banyak.
3)       Kurangnya penempatan map electronic di beberapa titik sehingga saran untuk manajemen pengelola sebaiknya untuk menambahkan fasilitas map electronic yang dapat memudahkan para wisatawan untuk mencari tempat – tempat tertentu, seperti restaurant atau outlet baju.
4)       Seharusnya fasilitas toilet diletakkan dalam jarak yang tidak terlalu berjauhan mengingat Beachwalk adalah mall yang cukup besar dan luas sebaiknya manajemen perlu memperhatikan posisi toilet agar para wisatawan tidak kebingungan untuk mencari lokasi toilet.

5)       Mengingat Beachwalk adalah mall yang sering dikunjungi oleh para wisatawan berusia muda hingga menengah yang memiliki hobi berwisata belanja, Beachwalk sebaiknya menambahkan dan melengkapi produk – produk yang dapat meningkatkan minat para wisatawan untuk berwisata belanja ke Beachwalk Bali Mall.

No comments:

Post a Comment