Memahami Jasa Assurance
14.1 ASSURANCE SERVICE
Assurance
service atau jasa assurance
adalah jasa profesional independen yang meningkatkan mutu informasi bagi
pengambil keputusan. Pengambil keputusan memerlukan informasi yang andal dan
relevan sebagai basis untuk pengambilan keputusan. Oleh karena itu mereka
mencari jasa assurance untuk meningkatkan kualitas informasi yang akan
dijadikan basis pengambilan keputusan.
Jasa Assurance dapat disediakan oleh
profesi akuntan publik atau berbagai profesi lain. Contoh jasa assurance yang
disediakan oleh profesi lain adalah jasa pengujian berbagai produk oleh
organisasi konsumen (Non profit organization), jasa pemeringkatan televisi
(television rating), dan lain-lain.
Profesi Akuntan Publik menyediakan
jasa assurance mengenai informasi Laporan Keuangan historis kepada masyarakat.
Jasa ini dikenal dengan jasa Audit. Di Amerika jasa assurance yang juga
disediakan oleh profesi akuntan publik adalah jasa undian dan jasa kontes,
meliputi prakiraan keuangan. Dewasa ini kebutuhan masyarakat akan jasa
assurance tentang pengendalian web site semakin meningkat, dan profesi akuntan
publik dapat memenuhi kebutuhan ini.
14.1.1 JASA ATESTASI
Salah satu tipe jasa assurance yang
disediakan profesi akuntan publik adalah jasa atestasi. Jasa Atestasi adalah jasa yang diberikan oleh profesi akuntan
publik dimana profesi akuntan publik akan mengeluarkan laporan tertulis yang
menyatakan kesimpulan atas keandalan asersi tertulis yang dibuat dan
ditanggungjawabi pihak lain.
Sedangkan asersi adalah suatu pernyataan yang dibuat oleh
satu pihak yang secara implisit dimaksudkan untuk digunakan oleh pihak lain.
Laporan Keuangan (LK) historis adalah asersi manajemen. Manajemen menyatakan
bahwa LK sesuai dengan prinsip akuntansi yang berterima umum (PABU).
Ada
Tiga jenis jasa atestasi:
·
Audit
atas Laporan Keuangan historis
Yaitu bentuk jasa atestasi dimana
auditor menerbitkan suatu laporan tertulis yang berisi pendapat apakah Laporan
Keuangan (LK) dalam semua hal yang material sesuai dengan Prinsip Akuntansi
Berlaku Umum di Indonesia.
·
Review
atas Laporan Keuangan historis
Banyak perusahaan non publik yang
menerbitkan LK kepada berbagai pemakai, tetapi tidak bersedia membiayai audit
atas LK tsb. Dalam kondisi seperti ini akuntan publik dapat membantu
menyediakan jasa review. Audit dan review berbeda dalam hal luasnya pemeriksaan
dan jaminan keakuratan. Audit dilaksanakan dengan pemeriksaan skala luas untuk
mengumpulkan bahan bukti memadai dalam rangka memberikan jaminan yang tinggi
atas keakuratan LK.
·
Jasa
Atestasi Lainnya
KAP, dewasa ini, mengembangkan
jasa-jasa baru, misalnya atestasi atas LK prospektif (prakiraan dan proyeksi),
data statistik atas hasil-hasil investasi untuk organisasi seperti reksa dana,
karakteristik perangkat lunak komputer.
14.1.2 Jasa Assurance Lainnya
Jasa Assurance Lainnya
|
Aktivitas Jasa
|
Pengendalian
atas risiko yang berhubungan dengan investasi, mencakup kebijakan yang
terkait dengan derivative
|
Menilai
proses dalam praktik investasi perusahaan untuk mengidentifikasi dan
menentukan efektivitas proses tersebut.
|
Mystery
shopping
|
Melakukan
pembelian secara anonim untuk menilai upaya tenaga penjualan yang berhadapan
dengan pelanggan dan prosedur yang mereka ikuti.
|
Penilaian
risiko pengumpulan, pendistribusian, dan penyimpanan informasi digital
|
Menilai
risiko keamanan dan pengendalian yang berkaitan dengan data elektronik,
mencakup memadainya peyimpanan pendukung dan di luar lokasi.
|
Penilaian
risiko kecurangan dan dindakan ilegal
|
Membuat
profil risiko kecurangan dan menilai kecukupan sistem dan kebijakan
perusahaan dalam mencegah serta mendeteksi kecurangan dan tindakan ilegal.
|
Kepatuhan
pada kebijakan dan prosedur perdagangan
|
Menelaah
transaksi antara rekanan dagang untuk menyakinkan bahwa transaksi tersebut
sesuai dengan perjanjian; mengidentifikasi risiko dalam perjanjian.
|
Kepatuhan
pada perjanjian royalti hiburan
|
Menilai
apakah royalti yang dibayarkan kepada seniman, pengarang, dan lainnya sesuai
dengan perjanjian royalti.
|
Sertifikasi
ISO 9000
|
Membuat
sertifikasi yang menyatakan bahwa perusahaan telah memenuhi standar
pengendalian mutu ISO 9000, yang membantu menyakinkan produk perusahaan
bermutu tinggi.
|
Audit
lingkungan
|
Menilai
apakah kebijakan dan praktik perusahaan memastikan bahwa perusahaan tersebut
memenuhi standar dan hukum lingkungan.
|
Sumber :
Diadaptasi dari AICPA Special Committee on Assurance Services.
14.1.3
Jasa Assurance Dalam Teknologi Informasi
Satu faktor kuat yang berpengaruh
terhadap permintaan untuk jasa assurance lain adalah perkembangan internet dan
E-Commerce (jasa keuangan elektronik). Beberapa jasa assurance dalam Teknologi
Informasi (TI) :
·
Web
Trust Services.
Untuk menghadapi peningkatan kebutuhan akan
jaminan/keyakinan yang berkaitan dengan transaksi usaha/bisnis melalui
internet, AICPA (American Institute of Certified Public Accountants) dan CICA
(Canadian Institute of Chartered Accountants) bergabung membentuk Jasa
Assurance Web Trust. CPA’s Firm yang telah memperoleh ijin untuk menjalankan
jasa ini menyediakan jaminan/keyakinan yang memadai bagi pengguna/pemakai Web
Sites, dimana CPA’s electronics Web Trust melampirkan tanda (segel) pada web
sites. Segel ini memberikan keyakinan bagi para pengguna bahwa pemilik web site
dalam praktik usahanya, integritas transaksi, dan pemrosesan informasinya
sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Web Trust adalah jasa atestasi dan Web
Trust Seal adalah tanda/segel yang mewakili laporan profesi akuntan public
(CPA) atas asersi manajemen mengenai pengungkapan praktik E-Commerce.
·
Sys
Trust Services
AICPA dan CICA bergabung membentuk
Sys Trust Services untuk menyediakan jasa assurance mengenai keandalan sistem
informasi. Sys Trust adalah salah satu jenis atestasi untuk menilai dan menguji
keandalan system dalam suatu area, seperti keamanan dan integritas data. Sys
Trust dijalankan CPA untuk memberikan keyakinan memadai kepada manajemen, Dewan
Direksi, atau pihak ketiga mengenai keandalan sistem informasi yang digunakan
dalam menghasilkan informasi aktual (real-time).
·
CPA
Performance View
Perusahaan membutuhkan faktor-faktor
sukses selain informasi keuangan dalam mengelola usahanya. Contoh: Kepuasan
pelanggan dan kualitas produk. CPA membantu manajemen mengidentifikasi dan
mengukur faktor-faktor kesuksesan yang kritis.
·
CPA
Elder Care Servies
CPA menyediakan jasa assurance
kepada para manula/lansia yang membutuhkan jaminan bahwa mereka mendapatkan
perawatan yang baik.
·
CPA
Risk Advisory
Services
Keberhasilan dalam dunia usaha dapat
ditunjukkan dengan keberhasilan perusahaan dalam mengambil risiko dan
me-manage/mengendalikan risiko. Contoh : ketika perusahaan memperluas usahanya,
mungkin menghadapi risiko atas perubahan nilai tukar uang, kericuhan politik
negara lain. CPA menyediakan jasa untuk membantu mereka mengidentifikasi dan
mengendalikan risiko.
14.2 NON ASSURANCE SERVICE
Non Assurance Service atau Jasa Non Assurance
adalah jasa yang dihasilkan oleh AP (Akuntan Publik) yang didalamnya ia tidak
memberikan suatu pendapat, keyakinan atau bentuk lain dari keyakinan. Ada Tiga
jasa yang sering disediakan profesi Akuntan Publik:
KAP (Kantor Akuntan Publik) membantu
klien menyusun Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan (SPT) untuk PPh, Pajak
Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), dll.
KAP
membantu klien meningkatkan efektifitas operasinya, meliputi pemberian rekomendasi
dan sejumlah saran mengenai pembenahan system skuntansi, pemanfaatan instalasi
computer, ikut serta menyusun strategi pemasaran, dll.
Banyak perusahaan kecil dengan staf
akuntansi terbatas menyerahkan pembuatan laporan keuangannya kepada KAP, atau
melakukan tugas-tugas pembukuan.
No comments:
Post a Comment