LINGKUNGAN
PEMASARAN
1. Lingkungan Mikro
Yaitu
berbagai kekuatan yg dekat dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya
untuk
melayani
pelanggan, terdiri dari :
a. Perusahaan
Dalam
merumuskan rencana pemasaran harus memperhitungkan kelompok-kelompok lainnya
dalam perusahaan misalnya; Manajemen Puncak, Keuangan, R & D,
Pembelian, Produksi dan Akuntansi, dll. Bagian-bagian ini membentuk suatu
lingkungan mikro suatu perusahaan untukperencana pemasaran.
b. Pemasok
Adalah
perusahaan bisnis dan perorangan yang menyediakan sumberdaya yg dibutuhkan oleh
perusahaan dan pesaingnya untuk memproduksi barang dan jasa tertentu.
c. Perantara
Perantara
Pemasaran adalah mereka yang membantu perusahaan dalam mempromosikan, menjual,
dan mendistribusikan barang kepada pembeli akhir. Para perantara ini meliputi :
- Middleman,
perusahaan ynag membantu mendapat pelanggan
- Perusahaan
Distribusi Fisik, membantu perusahaan dlm menyediakan & memindahkan barang
dari tempat asal ke tempat tujuan.
- Biro
Jasa Pemasaran, meliputi perusahaan riset, biro iklan, perusahaan media, dan
perusahaan konsultan pemasaran, mencarikan sasaran dan menpromosikan produk ke
pasar sasaran secara tepat.
- Perantara
Keuangan, meliputi bank, perusahaan kredit, perusahaan asuransi, dll dalam
membantu transaksi keuangan dan atau menanggung resiko sehubungan dengan
pembelian dan penjualan barang.
d. Pelanggan
Yaitu
sejumlah individu, kelompok, organisasi yang menkonsumsi suatu produk.
Perusahaan dapat beroperasi pada lima jenis pasar;
Perusahaan dapat beroperasi pada lima jenis pasar;
- pasar
konsumen,
- pasar
industri,
- pasar
reseller,
- pasar
pemerintah,
- pasar
internasional.
e. Pesaing
Yaitu
individu, kelompok, organisasi yang sama-sama melakukan pemasaran kepada
konsumen.
f. Masyarakat (publik)
Yaitu
suatu kelompok yg memiliki minat nyata atau potensial yg berpengaruh terhadap
kemampuan organisasi untuk mencapai sasarannya.
Tujuh
jenis publik yg mengelilingi perusahaan antara lain :
- publik
keuangan
- publik
media
- publik
pemerintah
- publik
kekuatan warga
- publik
local
- publik
umum
- publik
internal
2. Lingkungan Makro
Yaitu
kekuatan masyarakat yg lebih luas yg mempengaruhi seluruh lingkungan mikro
pemasaran perusahaan yang mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap pemasaran.
Lingkungan
makro terdiri dari :
a.
Demografi
Adalah
bidang studi tentang populasi manusia menurut besar, kepadatan, lokasi, umur,
jenis kelamin, pekerjaan, dan statistik lainnya.
b.
Geografi
Yaitu
lingkungan yang dibedakan berdasarkan letak wilayah.
c.
Ekonomi
Yaitu
factor-faktor yang mepengaruhi daya beli dan pola pembelanjaan konsumen. Daya
beli total tergantung pada pendapatan, harga, tabungan, dan kredit pada waktu
yang bersangkutan.
Pemasar harus mengetahui kecenderungan utama dalam pendapatan, dan harus selalu sadar akan adanya pola pembelanjaan konsumrn yang terus berubah.
Pemasar harus mengetahui kecenderungan utama dalam pendapatan, dan harus selalu sadar akan adanya pola pembelanjaan konsumrn yang terus berubah.
d.
Lingkungan Teknologi
Yaitu
terdiri dari kekuatan-kekuatan yg mempengaruhi teknologi baru, yang menciptakan
produk baru dan peluang-peluang pasar yang baru. Pemasar harus memperhatikan
kecenderungan-kecenderungan teknologi berikutnya, antara lain :
- cepatnya
laju perubahan teknologi
- peluang-peluang
yang tak terbatas
- tingginya
anggaran litbang
- meningkatnya
peraturan
- dll
e.
Politik
Lingkungan
ini terdiri dari undang-undang, instansi pemerintah, dan kelompok penekan yg
mempengaruhi dan membatasi organisasi dan pribadi dalam masyarakat.
Kecenderungan politik utama yg mempengaruhi manajemen pemasaran adalah :
- undang-undang
yg mengatur perusahaan
- perubahan
pelaksaan undang-undang
pertumbuhan
kelompok pembela kepentingan public
f.
Lingkungan Budaya
Lingkungan
budaya (cultural) terdiri dari lembaga-lembaga dan kekuatan lain yg
mempengaruhi nilai dasar, persepsi, preferensi, dan perilaku masyarakat.
ARTIKEL TERKAIT :
ARTIKEL TERKAIT :
No comments:
Post a Comment