Seringkali keputusan taktis membtuhkan analisis yang lebih rumit –
khususnya
keputusan yang membutuhkan pertimbangan yang lebih rumit- khususnya keputusan yang membutuhkan pertimbangan yang lebih ekstensif mengenai perilaku biaya
Kuncinya
adalah
bahwa
perubahan
pada penawaran dan
permintaan sumber daya aktivitas harus dipertimbangkan ketika menilai relevansi.
Kategori-kategori dibawah dapat
menolong untuk mengidentifikasi biaya-biaya
yang relevan, dan kemudian, memfasilitasi analisis biaya yang relevan :
Sumber Daya Fleksibel. Sumber Daya Terikat :
Sumber Daya Terikat untuk Jangka Pendek
Sumber daya Terikat untuk Beberapa Periode.
KEPUTUSAN-KEPUTUSAN YANG SERINGKALI DIAMBIL
Keputusan membuat atau membeli
Keputusan meneruskan atau menghentikan.
Meneruskan atau menghentikan dengan berbagai dampak komplementer.
Meneruskan atau menghentikan dengan penggunaan alternatif fasilitas.
Keputusan pesanan Khusus.
Keputusan menjual atau memproses lebih lanjut.
Keputusan bauran produk
Sumber daya dengan satu kendala.
Sumber daya ddengan banyak kendala. PENETAPAN HARGA
Penetapan harga berdasarkan Biaya
Karena pendapatan harus menutup
biaya perusahaan untuk menghasilkan laba, maka banyak perusahaan terlebih dahulu menetapkan biaya dalam menentukan harga.
Mark up adalah persentase yang dibebankan kepada biaya dasar ; termasuk diantaranya adalah
laba yang diinginkan dan setiap biaya yang tidak termasuk dalam biaya dasar.
perhitungan biaya target dan penetapan harga
Penetapan biaya target adalah suatu metode penentuan biaya produk atau jasa berdasarkan harga (harga
target) yang
ersedia dibayarkan oleh pelanggan.ini juga sering disebut
sebagai perhitungan biaya berdasarkan harga.
Aspek Hukum dari Penetapan Harga
Penetapan Harga Predator.
Adalah praktik pengaturan harga yang lebih rendah dari biaya dengan tujuan merugikan pesaing dan mengeliminasi pesaingan.
Diskruminasi harga.
Adalah pengenaan harga yang berbeda kepada beberapa pelanggan atas produk-produk yang pada dasarnya sama.
Keadalian dan Penetapan Harga.
Eksploitasi harga dikatakan terjadi
ketika perusahaan degan
kekuatan
pasar
menghargai produknya ”sangat tinggi”.
TERKAIT :
TERKAIT :
No comments:
Post a Comment