KLIK gambar untuk menutup Iklan

Monday, April 21, 2014

Lingkungan Pemasaran

Lingkungan Pemasaran

Adalah hubungan antara manajemen pemasaran dengan berbagai pihak,baik di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan.
Terdiri dari para pelaku dan berbagai kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kinerja bagian pemasaran.

Lingkungan pemasaran dibagi menjadi:
1.     Lingkungan internal.
Merupakan berbagai kekuatan yang ada di dalam perusahaan itu sendiri. Inti dr hal ini adalah bagaimana semua departemen saling bersinergi dan mendukung untuk mewujudkan tujuan perusahaan.
Contoh. -  training karyawan sebagai bentuk peningkatan mutu.
- pemberian intensif agar pegawai lebih semangat bekerja (personnel- accounting).

2.    Lingkungan eksternal.
Merupakan kekuatan-kekuatan yang ada di luar perusahaan, yang dibagi menjadi 2:

2.1           Lingkungan eksternal Mikro
Merupakan pelaku yang dekat dengan perusahhan dan mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melayani pelanggannya.
Terdiri dari:

a.    Perusahaan
Harus mempelajari dan memahami pasar sasaran atau pelanggan.

b.    Pemasok
Menyediakan sumber daya yang diperlukan oleh perusahaaan untuk menghasilkan barang dan jasa.

c.    Perantara pemasaran
Membantu perusahaan mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produk ke pembeli akhir.
Perantara pemasaran terdiri dari:
-          Penjual perantara
Saluran distribusi yang melakukan penjualan untuk perusahaan (pedagang gosir dan pengecer).
-          Perusahaan distribusi fisik
Membantu perusahaan menyimpan dan memindahkan produk dari asal ke tujuan.
-          Agen jasa pemasaran
Membantu perusahaan menetapkan target dan mempromosikan produk perusahaan pada pasar yang tepat.
Contoh. Firma riset pemasaran, agen periklanan, media, firma konsultan pemasaran.

d.    Pelanggan
Terdiri dari 5 jenis pasar:
-      Pasar Konsumen 
konsumen yang membeli produk untuk kepentingan pribadi.
-      Pasar bisnis
konsumen yang membeli produk untuk kepentingan produksi perusahaan.

-      Pasar penjual perantara
konsumen yang membeli produk untuk dijual kembali sehingga mendapat laba.
-      Pasar pemerintah
konsumen yang membeli produk barang dan jasa untuk menghasilkan pelayanan publik.
-      Pasar internasional
Terdiri dari para pembeli di negara lain.

e.    Pesaing
Berperan untuk mendorong perusahaan untuk terus berinovasi dan menyempurnakan  produk barang dan jasa untuk memaksimalkan kepuasan konsumen, sehingga dapat memaksimalkan pemasaran.

f.    Masyarakat
Semua kelompok yang memiliki minat atau pengaruh aktual atau potensi terhadap kemampuan organisasi untuk mencapai tujuan.
Setiap perusahaan dikelilingi oleh tujuh kelompok publik, yaitu:
-      Publik keuangan
-      Publik media
-      Publik pemerintah
-      Publik aksi penduduk
-      Publik lokal
-      Publik umum
-      Publik internal

2.2        Lingkungan eksternal Makro
Kekuatan sosial yang lebih besar yang mempengaruhi lingkungan mikro perusahaan.
Terdiri dari:
a.    Kekuatan demografis
Meliputi perubahan struktur umur penduduk, perubahan jumlah anak dalam keluarga, pergeseran geografi dalam populasi, perubahan tingkat pendidikan penduduk, dan perbedaan etnis atau ras.

b.    Kekuatan ekonomi
Meliputi perubahan dalam pendapatan masyarakat, dan perubahan dalam pola pengeluaran konsumen.

c.    Kekuatan alam
Keterbatasan bahan baku, meningkatnya biaya energi, tingginya tingkat polusi, dan intervensi pemerintah dalam manajemen sumber daya alam.

d.    Kekuatan teknologi
Meliputi perubahan teknologi,khususnya teknologi informasi yang sangat cepat, peluang yang tak terbatas, dan anggaran penelitian dan pengembangan yang tinggi.

e.    Kekuatan politik
Meliputi lembaga hokum, instansi pemerintah, dan kelompok penekan.

f.    Kekuatan budaya

Meliputi keberlangsungan nilai2 budaya dan nilai sub-budaya.

No comments:

Post a Comment