KLIK gambar untuk menutup Iklan

Monday, March 16, 2015

AKUNTANSI HOTEL - Pendapatan Hotel

Pendapatan AK. Hotel

1. Pendapatan
Bagi organisasi usaha, penjualan satu aspek yang sangat penting dan menjadi urat nadi kehidupan usaha tersebut. Usaha hotel mempunyai sumber pendapatan utama yang berasal dari penjualan kamar, penjualan makanan, dan penjualan minuman, di mana disatu sisi menjual jasa dan di sisi lainnya menjual barang. Penjualan usaha hotel mempunyai keunikan tersendiri yaitu:
· Produk yang dijual merupakan kombinasi antara barang dan jasa
· Penjualan pada usaha hotel biasanya mempunyai colume yang tinggi dengan harga individual yang relative rendah, hamper sama dengan usaha retail
· Produk berbentuk barang yang dijual dihasilkan melalui proses produksi seperti yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur
· Perusahaan mempunyai persediaan kapasitas untuk dapat menjual produk berupa jasa
· Penjualan atas produk dan jasa dibebani pajak dan service
Dalam industry perhotelan, khususnya pada penjualan makan dan minuman dikenal adanya suatu system penjualan yang menggunakan teknologi computer yang disebut dengan Point Of Sale System (POSS). POSS berfokus pada 3 tujuan yaitu:
· Ketepatan atas order
· Pencatatan penjualan
· Pemberian kepuasan
POSS menggunakan kombinasi terminal dan printer yang berfungsi sebagai input dan output. Laporan yang dihasilkan POSS memberikan nformasi tentang:
a. Analisa pendapatan, memberikan rincian per jenis penjualan dan per outlet, yang bisa digunakan sebagai sumber data untuk daily of sales
b. Produktivitas karyawan, memberikan informasi jumlah covers, rata-rata oenjualan dan total penjualan, yang bisa digunakan untuk mengevaluasi produktivitas karyawan secara individual
c. Control persediaan, dengan membandingkan antara jumlah porsi tercatat dengan jumlah porsi yang dikonsumsi.

2. Bagian Yang Terlibat Pada Prosedur Penjualan
1) Penjualan Kamar
a. Reservation, bertugas menerima reservasi dari tamu dan memberikan informasi pada front office, roomboy dan housekeeping serta bagian kredit
b. Front office, bertugas menerima tamu dan menyiapkan guest bill
c. Bellboy, bertugas membantu mengantar tamu ke kamar
d. Roomboy, bertugas membersihkan dan menyiapkan kamar
e. Housekeeping, bertugas menyiapkan perlengkapan kamar
f. Night Audit, bertugas menyiapkan laporan penjualan harian pada malam hari mencocokkan penjualan pada penjualan hari tersebut
g. Income auditor, bertugas melakukan pengecekan ulang dan pencatatan atas penjualan yang terjadi
h. Bagian kredit, bertugas memcatat persetujuan kredit baik secara langsung ataupun tidak langsung
i. Account receivable, bertugas mencatat penjualan kredit dan menyiapkan faktur
2) Penjualan Makanan dan Minuman
a. Waiter/waitress, memberikan pelayanan kepada tamu, dari menerima order, meneruskan order ke dapur dan menyajikan order serta memberikan informasi pada kasir
b. Kasir, menyiapkan bill dan menerima pembayaran dari tamu
c. Kitchen, menyiapkan order
d. Income auditor, mengecek penjualan dan mencatat penjualan
e. Bagian kredit, memberikan persetujuan kredit
f. Account receivable, mencatat penjualan kredit & menyiapkan faktur tagihan

3. Dokumen yang Digunakan
1) Penjualan kamar
a. Guest bill, digunakan untuk mencatat transaksi penjulan yang dilakukan oleh tamu selama menginap dihotel dan sebagai bukti tagihan kepada tamu, terdiri dari:
· Master bill, umtuk mencatat transaksi penjualan kamar
· Extra bill, untuk mencatat transaksi penjualan yang lain selain kamar
b. Form A, digunakan untuk mencatat data pribadi tamu yang menginap dan sebagai laporan pada pihak kepolisisan, formulir ini biasanya juga digunakan sebagai registration form
c. Reservation form, untuk mencatat reservasi tamu sebelum kedatangan tamu
d. Room count sheet, untuk mengecek jumlah kamar yang terisi pd hari itu
e. Room sales recapitulation, untuk mencatat penjualan kamar pd hari itu
f. Remittance of found, merupakan sebuah amplop yang digunakan untuk melaporkan dan menyetorkan hasil penjualan pada hari itu
2) Penjualan Makanan dan Minuman
a. Restaurant and bar order digunakan untuk mencatat pesanan tamu
b. Restaurant and bar check/bill, digunakan sebagai faktur penjualan
c. Restaurant and bar summary of sales digunakan untuk mencatat penjualan baik tunai maupun kredit pada masing-masing shift
d. Remittance of found merupakan sebuah amplop yang digunakan untuk melaporkan dan menyetorkan hasil penjualan pada masing-masing shift

4. Prosedur Penjualan
1) Prosedur Penjualan Kamar
a. Sebelum kedatangan tamu akan melakukan reservasi baik secara individu atau pun melalui agen perjalanannya kebagian reservation yang selanjutnya akan membuat reservation form (RF) dan mencatatnya dalam daftar kedatangan tamu, kemudian mendistribusikan form tersebut ke pihat FO, roomboy, housekeeping dan kredit sebagai informasi
b. Saat tamu datang menunjukkan bukti reservasi, FO akan mencocokkannya dengan salian RF, kemudian meminta tamu untuk mengisi dan menandatangani form A lalu memanggil bellboy dan memberikan kunci kamar kepada bellboy untuk mengantar tamu
c. Setelah tamu kekamar FO membuat bill untuk tamu tersebut
d. FO mengisi room count sheet (RCS), melakukan posting untuk setiap pemakaian kamar pada bill, kemudian membuat room sales recapitulations (RSR) kemudian memasukkannya ke remittance of found (ROF)
e. FO mengirim form A asli sebagai laporan kepihak polisi
f. Malamnya night audit mengecek kembali hasil kerja FO pd hari tersebut
g. Keesokan harinya ROF dikirim ke back office dan diterima oleh income audit yang selanjutnya akan mencocokkan kembali, untuk hasil penjualan tunai akan diserahkan ke general cashier dan untuk sisanya diserahakn ke account receivable
h. Income audit berdasarkan informasi yang diberikan oleh night audit akan membuat daily of sales sebagai informasi kepada pihak manjemen
i. Account receivable akan melakukan pencatatan dan menyiapkan invoice ke pihak agen perjalanan
2) Prosedur Penjualan Makanan dan Minuman
a. Tamu datang ke restoran disambut dan dipersilahkan duduk, selanjutnya menyodorkan menu dan menyiapkan restoran and bar order (RBO) serta mencatat setiap order tamu pada RBO
b. RBO diserahkan ke kitchen untuk menyiapkan menu yang diminta dank ke kasir outlet untuk menyiapkan restoran and bar bill (RBB)
c. Setelah selesai tamu kan menyelesaikan pembayaran di kasir, jika tidak membayar tunai, maka tamu diminta untuk menandatangani RBB untuk nantinya dikirim ke FO agar diposting ke bill tamu
d. Pada akhir shift, kasir mrmbuat restoran and bar summary of sales (RSBSS) dan memasukkan hasil penjualan ke dalam ROF kemudian menitipkannya pada safe deposit box yang ada di FO untuk dikirim ke back office pada keesokan harinya.

5. Laporan Yang dihasilkan
1. Penjualan kamar, laporang yang dihasilkan adalah rooms sales recapitulations
2. Penjualan makanan dan minuman laporan yang dihasilkan berupa restaurant and bar summay of sales

No comments:

Post a Comment