Pendapatan
AK. Hotel
1.
Pendapatan
Bagi organisasi usaha, penjualan satu
aspek yang sangat penting dan menjadi urat nadi kehidupan usaha tersebut. Usaha
hotel mempunyai sumber pendapatan utama yang berasal dari penjualan kamar,
penjualan makanan, dan penjualan minuman, di mana disatu sisi menjual jasa dan di
sisi lainnya menjual barang. Penjualan usaha hotel mempunyai keunikan
tersendiri yaitu:
· Produk yang dijual merupakan kombinasi
antara barang dan jasa
· Penjualan pada usaha hotel biasanya
mempunyai colume yang tinggi dengan harga individual yang relative rendah,
hamper sama dengan usaha retail
· Produk berbentuk barang yang dijual
dihasilkan melalui proses produksi seperti yang dilakukan oleh perusahaan
manufaktur
· Perusahaan mempunyai persediaan
kapasitas untuk dapat menjual produk berupa jasa
· Penjualan atas produk dan jasa dibebani
pajak dan service
Dalam industry perhotelan, khususnya
pada penjualan makan dan minuman dikenal adanya suatu system penjualan yang
menggunakan teknologi computer yang disebut dengan Point Of Sale System (POSS). POSS berfokus pada 3 tujuan yaitu:
· Ketepatan atas order
· Pencatatan penjualan
· Pemberian kepuasan
POSS menggunakan kombinasi terminal dan
printer yang berfungsi sebagai input dan output. Laporan yang dihasilkan POSS
memberikan nformasi tentang:
a.
Analisa pendapatan, memberikan rincian per jenis penjualan dan per outlet, yang
bisa digunakan sebagai sumber data untuk daily of sales
b.
Produktivitas karyawan, memberikan informasi jumlah covers, rata-rata oenjualan
dan total penjualan, yang bisa digunakan untuk mengevaluasi produktivitas
karyawan secara individual
c.
Control persediaan, dengan membandingkan antara jumlah porsi tercatat dengan
jumlah porsi yang dikonsumsi.
2.
Bagian Yang Terlibat Pada Prosedur Penjualan
1)
Penjualan Kamar
a. Reservation, bertugas menerima
reservasi dari tamu dan memberikan informasi pada front office, roomboy dan
housekeeping serta bagian kredit
b. Front office, bertugas menerima tamu
dan menyiapkan guest bill
c. Bellboy, bertugas membantu mengantar
tamu ke kamar
d. Roomboy, bertugas membersihkan dan
menyiapkan kamar
e. Housekeeping, bertugas menyiapkan
perlengkapan kamar
f. Night Audit, bertugas menyiapkan
laporan penjualan harian pada malam hari mencocokkan penjualan pada penjualan
hari tersebut
g. Income auditor, bertugas melakukan
pengecekan ulang dan pencatatan atas penjualan yang terjadi
h. Bagian kredit, bertugas memcatat
persetujuan kredit baik secara langsung ataupun tidak langsung
i. Account receivable, bertugas
mencatat penjualan kredit dan menyiapkan faktur
2)
Penjualan Makanan dan Minuman
a. Waiter/waitress, memberikan
pelayanan kepada tamu, dari menerima order, meneruskan order ke dapur dan
menyajikan order serta memberikan informasi pada kasir
b. Kasir, menyiapkan bill dan menerima
pembayaran dari tamu
c. Kitchen, menyiapkan order
d. Income auditor, mengecek penjualan
dan mencatat penjualan
e. Bagian kredit, memberikan
persetujuan kredit
f. Account receivable, mencatat
penjualan kredit & menyiapkan faktur tagihan
3.
Dokumen yang Digunakan
1)
Penjualan kamar
a. Guest bill, digunakan untuk mencatat
transaksi penjulan yang dilakukan oleh tamu selama menginap dihotel dan sebagai
bukti tagihan kepada tamu, terdiri dari:
· Master bill, umtuk mencatat transaksi penjualan kamar
· Extra bill, untuk mencatat transaksi penjualan yang lain
selain kamar
b. Form A, digunakan untuk mencatat
data pribadi tamu yang menginap dan sebagai laporan pada pihak kepolisisan,
formulir ini biasanya juga digunakan sebagai registration form
c. Reservation form, untuk mencatat
reservasi tamu sebelum kedatangan tamu
d. Room count sheet, untuk mengecek
jumlah kamar yang terisi pd hari itu
e. Room sales recapitulation, untuk
mencatat penjualan kamar pd hari itu
f. Remittance of found, merupakan
sebuah amplop yang digunakan untuk melaporkan dan menyetorkan hasil penjualan
pada hari itu
2)
Penjualan Makanan dan Minuman
a. Restaurant and bar order digunakan
untuk mencatat pesanan tamu
b. Restaurant and bar check/bill,
digunakan sebagai faktur penjualan
c. Restaurant and bar summary of sales
digunakan untuk mencatat penjualan baik tunai maupun kredit pada masing-masing
shift
d. Remittance of found merupakan sebuah
amplop yang digunakan untuk melaporkan dan menyetorkan hasil penjualan pada
masing-masing shift
4.
Prosedur Penjualan
1)
Prosedur Penjualan Kamar
a. Sebelum kedatangan tamu akan
melakukan reservasi baik secara individu atau pun melalui agen perjalanannya
kebagian reservation yang selanjutnya akan membuat reservation form (RF) dan
mencatatnya dalam daftar kedatangan tamu, kemudian mendistribusikan form tersebut
ke pihat FO, roomboy, housekeeping dan kredit sebagai informasi
b. Saat tamu datang menunjukkan bukti
reservasi, FO akan mencocokkannya dengan salian RF, kemudian meminta tamu untuk
mengisi dan menandatangani form A lalu memanggil bellboy dan memberikan kunci
kamar kepada bellboy untuk mengantar tamu
c. Setelah tamu kekamar FO membuat bill
untuk tamu tersebut
d. FO mengisi room count sheet (RCS),
melakukan posting untuk setiap pemakaian kamar pada bill, kemudian membuat room
sales recapitulations (RSR) kemudian memasukkannya ke remittance of found (ROF)
e. FO mengirim form A asli sebagai
laporan kepihak polisi
f. Malamnya night audit mengecek
kembali hasil kerja FO pd hari tersebut
g. Keesokan harinya ROF dikirim ke back
office dan diterima oleh income audit yang selanjutnya akan mencocokkan
kembali, untuk hasil penjualan tunai akan diserahkan ke general cashier dan
untuk sisanya diserahakn ke account receivable
h. Income audit berdasarkan informasi
yang diberikan oleh night audit akan membuat daily of sales sebagai informasi
kepada pihak manjemen
i. Account receivable akan melakukan
pencatatan dan menyiapkan invoice ke pihak agen perjalanan
2)
Prosedur Penjualan Makanan dan Minuman
a. Tamu datang ke restoran disambut dan
dipersilahkan duduk, selanjutnya menyodorkan menu dan menyiapkan restoran and
bar order (RBO) serta mencatat setiap order tamu pada RBO
b. RBO diserahkan ke kitchen untuk
menyiapkan menu yang diminta dank ke kasir outlet untuk menyiapkan restoran and
bar bill (RBB)
c. Setelah selesai tamu kan
menyelesaikan pembayaran di kasir, jika tidak membayar tunai, maka tamu diminta
untuk menandatangani RBB untuk nantinya dikirim ke FO agar diposting ke bill
tamu
d. Pada akhir shift, kasir mrmbuat
restoran and bar summary of sales (RSBSS) dan memasukkan hasil penjualan ke
dalam ROF kemudian menitipkannya pada safe deposit box yang ada di FO untuk
dikirim ke back office pada keesokan harinya.
5.
Laporan Yang dihasilkan
1.
Penjualan kamar, laporang yang dihasilkan adalah rooms sales recapitulations
2.
Penjualan makanan dan minuman laporan yang dihasilkan berupa restaurant and bar
summay of sales
3.
Daily of sales, disiapkan oleh income auditor, yang berisi laporan penjualan
hotel secara keseluruhan
ARTIKEL EKONOMI TERKAIT LAINNYA KLIK DISINI!!!
AKUNTANSI HOTEL - KONSEP UNIFORM SYSTEM OF ACCOUNTS
ARTIKEL EKONOMI TERKAIT LAINNYA KLIK DISINI!!!
AKUNTANSI HOTEL - KONSEP UNIFORM SYSTEM OF ACCOUNTS
No comments:
Post a Comment