
Pada tanggal 29 Agustus 2005 departemen Kehakiman dan Internal
Revenue Service melaporkan bahwa KPMG LLP (KPMG) tentang adanya kesalahan
pidana serta menyetujui untuk membayar denda sebesar $ 456.000.000 dan denda
sebagai bagian dari kesepakatan untuk menunda penuntutan perusahaan. Selain
perjanjian tersebut, sembilan orang termasuk enam mantan mitra KPMG dan mantan
wakil ketua perusahaan sedang dituntut sehubungan dengan konspirasi penipuan
pajak multi-miliar dolar terkait penipuan yang berkaitan dengan desain,
pemasaran, dan pelaksanaan tax shelter.
Setelah penyelesaian dengan KPMG, dakwaan selanjutnya terkait konspirasi yang
sudah dirancang, dipasarkan dan menerapkan penampungan sehingga orang-orang
kaya yang memiliki pendapatan besar bisa menghilangkan semua pajak atas
pendapatan atau keuntungan dengan hanya membayar untuk KPMG sebesar 5-7% dari
pendapatan atau keuntungan yang mereka ingin lindungi. Surat dakwaan tersebut
juga menuduh bahwa dari 2002-2003, dalam menanggapi pemeriksaan IRS terhadap
KPMG atas kegagalan untuk mendaftarkan tax
shelter dan hal-hal terkait, terdakwa melanjutkan penipuan di IRS dengan
menyembunyikan keterlibatan KPMG dan peran di shelter tertentu. Dan dengan sengaja memberikan kesaksian palsu dan
mengelak ke IRS mengenai sifat dan ruang lingkup keterlibatan KPMG dengan shelter tertentu. Selain itu, sehubungan
dengan penyelidikan tax shelter yang
dilakukan Senat Sub komite selama menunggu hasil pemeriksaan IRS, terdakwa
memberikan keterangan palsu, menyesatkan dan informasi yang tidak lengkap dan
kesaksian di sidang dan respon palsu mengenai dokumen yang disebut dalam surat
perintah pengadilan yang dikeluarkan oleh Senat, yang berkaitan dengan penggunaan
tax shelter oleh KPMG dan mitra KPMG
tersebut. Kasus tersebut merupakan kasus penggelapan pajak yang telah disengaja
dan perencanaan pajak yang tidak sah. Beberapa pihak seperti pengacara,
akuntan, bankir, penasehat investasi dan perusahaan harus mengetahui bahwa
pemerintah akan menindaklanjuti mengenai kasus pajak tersebut.
1.
Tanggung Jawab Akuntan Pajak
Akuntan pajak memiliki beberpaa tanggung
jawab, yaitu :
a.
Akuntan pajak memiliki
kewajiban untuk tidak berbohong atau menjadi pihak yang berbohong pada pengembalian pajak.
Akibatnya, ada tanggung jawab untuk klien dan masyarakat untuk berterus terang
dan tidak menjadi komplikasi dalam upaya klien untuk menipu bahkan jika itu
berarti memutus kontrak dengan klien. Hal tersebut dijelaskan pada Pernyataan
AICPA pada Standar Pajak Service No. 1
b.
Internal Revenue Service (IRS) mengemukakan bahwa tanggung jawab utama
praktisi pajak adalah sistem pajak. Jadi akuntan
pajak memiliki kewajiban tidak hanya untuk klien mereka, tetapi juga untuk
sistem. Komisi IRS menyatakan
bahwa suatu sistem pajak yang baik dan kuat tidak hanya terdiri dari entitas
administrasi pajak saja, dalam kasus ini IRS. Direktur praktik IRS lebih
menegaskan bahwa ketika secara umum menyetujui bahwa praktisi pajak mempunyai
kewajiban atas kemampuan, loyalitas dan kerahasiaan klien, hal ini disebut juga
tanggung jawab praktisi atas sistem pajak yang baik.
c.
Tanggung jawab terakhir adalah pentingnya pervasive (peresapan).
Dalam hubungan antara praktisi dan klien yang normal, kedua tanggung jawab
dikenali dan dilaksanakan. Namun, situasi ini adalah sulit. Dalam beberapa
situasi praktisi diperlukan untuk memutuskan kewajiban yang berlaku dan dalam
pelaksanaannya dapat disimpulkan bahwa kewajiban atas sistem pajak yang
tertinggi. IRS bersandar pada praktisi pajak untuk membantu dalam mengatur
hukum pajak dengan jujur dan adil dalam pelayanan dan pengembangan kepercayaan
klien dalam integritas dan kepatuhan terhadap sistem pajak.
d.
Menurut William L. Raby dalam Armstrong (1993 : 85) sistem pajak
yang mendukung IRS akan menimbulkan perdebatan pajak. Oleh karena itu,praktisi
lebih baik melayani publik dengan mengadopsi suatu sikap. Argumennya adalah
aturan etika yang fundamental dalam praktik perpajakan pada tingkat etika
personal adalah praktisi pajak harus mengijinkan klien untuk membuat keputusan
final. Praktisi tidak berhak mengganti skala nilai kliennya. Disamping itu
praktisi harus bertanggung jawab tidak menyediakan informasi yang salah untuk
pemerintah. Seorang auditor pajak bertanggung jawab mengaudit pajak penghasilan
dari wajib pajak untuk menentukan apakah mereka telah memenuhi undang-undang
perpajakan yang berlaku.
2.
Etika Akuntan Pajak
Telah disetujui oleh AICPS’s Statement On Responsibilities in Tax
Practice bahwa akuntan bisa merangkap peran sebagai penasehat hukum untuk
klien dan pembawa kebenaran untuk pemerintahan. Dari perspektif etika, peran
rangkap ini sangatlah penting karena peran rangkap akuntansi perpajakan lebih
mempunyai tanggung jawab dua kali lipat daripada peran auditor yang kita
ketahui selama ini. melalui pemerintah, akuntansi perpajakan mempunyai beberapa
tanggung jawab masyarakat sebagai berikut :
a.
Akuntansi perpajakan mempunyai larangan untuk berbohong dalam
pajak penghasilan.
b.
Sebagai seorang attestor tanda tangan di atas pajak penghasilan
adalah sebuah hukuman dari sumpah palsu.
Para anggota harus memenuhi tanggung jawab mereka sebagai seorang
profesioanal dengan menjaga dan mengamalkan standarisasi tersebut sehingga
tingkat keprofesionalan mereka dapat diukur. Ada 7 standarisasi yang dinyatakan
dalam Pernyataan Standar Pelayanan Pajak, yaitu:
a. Anggota tidak boleh merekomendasikan pengembalian pajak
kecuali terdapat manfaat yang berkelanjutan.
b. Anggota harus melakukan upaya yang wajar untuk
mendapatkan informasi dari wajib pajak.
c. Anggota sebaiknya tetap memperhatikan kebenaran,
kelengkapan, dan konsistensi dari informasi yang berasal dari wajib pajak atau
pihak ke tiga.
d. Anggota dapat menggunakan estimasi pajak yang dibuat oleh
wajib pajak apabila tidak dilarang oleh undang-undang.
e. Anggota dapat merekomendasikan, menyiapkan, atau
menandatangani pembayaran pajak yang diakibatkan dari sebuah proses
persidangan.
f. Anggota harus menginformasikan dan merekomendasikan
langkah-langkah perbaikan apabila terjadi kesalahan dalam pembayaran pajak ke
wajib pajak.
g. Anggota harus menggunakan pertimbangan profesionalnya
untuk memastikan kompetensi dan ketepatan saran yang akan diberikan ke wajib
pajak.
Ada
beberapa hal yang dapat mempengaruhi sistem pajak, yaitu banyak terdapat area dalam akuntansi pajak
yang tidak begitu jelas dan problematis. Hal tersebut berkaitan dengan
eksploitasi sistem pajak. Tidak adanya definisi yang memadai mengenai kata
eksploitasi tersebut membuat beberapa pihak memanfaatkan keadaan tersebut untuk
kepentingan pribadinya. Keberhasilan sistem pajak sangat tergantung kepada
pribadi masing-masing wajib pajak. Memanfaatkan celah dalam sistem pajak
merupakan tindakan yang kurang baik dan wajib pajak dengan kepribadian yang baik
akan cenderung menghindarinya. Faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan
sistem pajak adalah tekanan pemerintah. Pemerintah dapat menerapkan sanksi yang
tegas bagi oknum wajib pajak yang tidak mematuhi peraturan yang telah
ditetapkan. Adanya sanksi tentunya akan memberikan efek takut kepada para wajib
pajak, sehingga tidak lagi “mempermainkan” pajak yang menjadi kewajibannya.
Pajak merupakan penemuan manusia yang tujuan utamanya membagi biaya yang
diperlukan pemerintah dalam menjalankan fungsinya secara adil dan merata.
Jadi perlu
adanya suatu sanksi oleh IRS, untuk memaksa agar wajib pajak membayar pajaknya
sesuai dengan aturan pajak. Namun demikian, dapat dikatakan bahwa akuntan
memiliki kewajiban etis untuk mencegah adanya tax scheming atas nama kliennya demi kesejahteraan umum. Beberapa
klien ingin para akuntan pajaknya untuk membantu dalam hal pajak tersebut dan
menyelamatkan uangnya sebanyak mungkin. Jika kita berasumsi bahwa para klien
memiliki nilai-nilai etika yang sama dengan nilai etika yang dianut oleh
akuntan, maka hal ini akan terasa menyenangkan dan adil. Demi mengejar suatu profit, biasanya akan memaksa segala
macam cara pintas etis untuk mencapai tujuan tersebut, termasuk penggelapan
pajak. Jelas, akuntan dan perusahaan harus bersikeras, karena profesionalisme
mereka selalu berpedoman pada aturan etika.
Jadi, undang-undang pajak yang kompleks dan tuntutan etis klien adalah
potensi tantangan terbesar dalam berperilaku etis bagi akuntan pajak.
Crenshaw dalam artikelnya menyebutkan empat
alasan mengapa dibutuhkan tempat perlindungan pajak:
a. Manajemen perusahaan
mencari cara baru untuk
memaksimalkan laba dan aliran arus kas.
b. Meningkatkan
kompleksitas baik dari kode pajak dan keuangan, membuat hal itu lebih mudah
dalam realita ekonomi.
c. Persepsi tentang
investasi bank dan mewujudkan keinginan produk pajak.
d. Risiko yang kecil.
Adapun standar lain yang ada di Pernyataan Standar Pelayanan
Pajak, yaitu sebagai berikut:
a.
Pernyataan Umum No. 1 Kemungkinan yang realistis umum: “Secara
umum, suatu anggota perlu mempunyai suatu niat baik dalam kepercayaan bahwa
posisi keuntungan pajak direkomendasikan untuk mempunyai suatu kemungkinan yang
realistis secara administratif atau secara hukum didukung atas baik buruknya suatu
tantangan.”
b. Pernyataan Umum No. 2 Statemen ini adalah tidak diragukan
dalam menentukan yang berikut: “Suatu anggota perlu membuat suatu usaha yang
layak untuk memperoleh informasi yang diperlukan dari seseorang wajib pajak
untuk menyediakan jawaban yang sesuai untuk semua pertanyaan pada suatu
keuntungan pajak sebelum mempersiapkan penandatanganan.”
c. Pernyataan Umum No. 3
Kewajiban untuk menguji atau memverifikasi data pendukung: “Suatu persiapan
dalam mempercayai niat baik dari klien untuk menyediakan informasi yang akurat
dalam menyiapkan suatu keuntungan pajak, tetapi mestinya tidak mengabaikan
implikasi dari informasi yang diperlengkapi dan perlu membuat pemeriksaan yang
layak jika informasi tampak seperti salah, atau tidak sempurna.”
d. Pernyataan Umum No. 4 Penggunaan estimasi: Ini adalah
standar yang tidak diragukan. “Suatu persiapan dapat menggunakan perkiraan
wajib pajak jika tidak praktis untuk memperoleh data yang tepat dan jika
persiapan dalam menentukan perkiraan adalah layak, didasarkan pada pengetahuan
sebelum persiapan.”
e. Pernyataan Umum No. 5
Sesuai dengan pernyataan sebelumnya: ini adalah suatu standar yang teknis. “Anggota
boleh merekomendasikan suatu posisi keuntungan pajak atau menyiapkan suatu
tanda keuntungan pajak yang meninggalkan perbaikan dari suatu item seperti
disimpulkan dalam suatu kelanjutan yang administratif atau keputusan pengadilan
berkenaan dengan suatu hasil yang utama dari wajib pajak”.
f. Pernyataan Umum
No. 6 Kesalahan pengetahuan: Apa yang terpaksa dilaksanakan ketika suatu
persiapan sadar akan suatu kesalahan sebelumnya? Anggota perlu
“menginformasikan wajib pajak dengan segera” dan “merekomendasikan yang
mengoreksi tindakan yang diambil.”
g. Pernyataan Umum No. 7 Format dan isi dari nasihat ke
wajib pajak: Statemen ini tidak menentukan isi manapun atau format yang umum
dari nasihat dikarenakan cakupan dari nasihat menjadi sangat luas dan
dikhususkan untuk masing-masing individu yang menjadi wajib pajak secara
terpaksa. Yang menjadi rekomendasi mereka adalah bahwa nasihat mencerminkan
kemampuan/ wewenang profesional dan melayani wajib pajak terpaksa.
No comments:
Post a Comment